Rabu, 29 Agustus 2007

Jalan Sehat Minggu Pagi

Mensana in corpore sana. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa/pikiran yang sehat/waras.

Ungkapan yang mengingatkan kita akan pentingnya menjaga tubuh agar senantiasa tetap sehat/bugar untuk menunjang seluruh aktifitas. Sehat memang bukan berarti segalanya, tetapi tanpa kesehatan, segalanya tidak berarti…. (betul ndak ya…., betul gitu aja, gitu aja koq repot).

Nah kembali ke laptop.

Menyadari akan pentingnya tubuh yang sehat dan dalam rangka menyambut HUT RI ke 62, jajaran Depdagri dan keluarga pada tanggal 26 Agustus 2007 (hari Minggu pagi) melaksanakan olah raga jalan sehat.

Aku tentunya ikut juga, bangun pagi jam 5, doa pagi (yang ini harus dong), mandi, ganti pakaian olahraga ( ehm… kaos hijaunya baru beli lho, belum dapat jatah dari PUM, udah kehabisan stok kali. Hijaunya gak sama persis sih , tapi berusaha sewarna dengan hijonya kaus olah raga korps Diten PUM….he..he…he…). Minum teh manis panas and go to Kantor Pusat Depdagri (Jl. Medan Merdeka Utara No. 7). Jam 6.30 di pertigaan jalan Jaksa dan Kebon Sirih, biasanya ojek banyak yang nongkrong, pagi itu kog ndak ada ya, pada kemana?????…. Akhirnya aku jalan kaki melewati Monas, kan niatnya juga olah raga pagi, Cape deeehhhh…. Tiba di Depdagri, peserta udah siap di barisan. Cari barisan Ditjen PUM (gampang carinya, warna bajunya menyolok sendiri, hijau…biru dongker), komponen lain nuansa merah putih atau warna biru gelap dan putih. Nah, aku sempatkan jadi tukang foto, (diabadikan gitu… siapa tau kegiatan beginian hanya sekali setahun….. yang pasti sekali setahun, alasannya cari tau sendiri ya…. Tuh di bagian atas jelas).

Setelah pengarahan dari Bu Sekjen Depdagri, doa dan start yang ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh bu sekjen. Pesera melangkahkan kaki memulai rute jalan sehat (atau tepatnya jalan santai kali ya….) dari Depdagri mengarah ke jalan Tamrin berputar di bundaran HI dan kembali ke Depdagri.

Di seputaran Monas, kegiatan aksi “selamatkan lingkungan” dijalankan oleh Siswi SMA Santa Ursula, berbaris dengan membawa spanduk/pesan pesan pentingnya penyelamatan lingkungan. Ada juga pesan lewat musik berjalan menyuarakan untuk peduli akan hidup yang lebih baik di bumi yang lestari. Ada pembagian sapu tangan putih dengan bordiran rupa bumi di bagian pojok. Jangan gunakan tissu, tissu menambah tumpukan sampah. Demikianlah pesan aksi mereka. Keren juga ya…..

Kembali lagi ke lap top…..

Di Bundaran HI, ternyata udah rame, masyarakat Jakarta juga peduli akan arti pentingnya olah raga dan kesehatan, ikut jalan kaki, sepeda-an, eh… sekelompok anak muda melintas dengan skate board, wah…cepat juga. Nah… kupon door prize nya dimasukkan di kotak yang sudah disediakan panitia. Ternyata, banyak juga teman-teman dari PUM yang nitip, walah…walah..walahhhhh… jalan sehatnya arah kemana? He..he…he… Instansi lain juga memanfaatkan momen HUT RI ini untuk olah raga dan kegiatan yang lain, semuanya bertemu di Bundaran HI. Eh… ada yang menarik… di sekitar pedestrian seputaran HI sekelompok pencinta sepeda onthel pada ngumpul lengkap dengan asesoris kuno topi, blangkon, beskap, sarung, pokoke menarik sekali. Ada race sepeda onthel kali ya….

Sekitar 1 jam 15 menit, kembali ke Depdagri, duduk nongkrong sambil menikmati snak (roti unyil dan gorengan yang dibeli Pak Priyono + minum aqua 3 gelas….seger..ger..ger…). Mungkin peserta yang lain butuh waktu 2 jam kali untuk kembali, jalannya terlalu santai…. Yah namanya juga jalan santai bareng keluarga menikmati udara pagi Jakarta.

Jam 10.00, dimulai beberapa acara hiburan, nyanyi, paduan suara (eh..ada lagu batak Sibangbakari jula-jula (sissi sibatu manikam diparjoget sor ma digottam dinamanginani……….dst….), senam Bang SMS siapa ini bang….. SKJ 2004 (wah senamnya cocok untuk manula, gak enerjik, kemayu….). Trus pengundian door prize… seru dan rame. Banyak yang harap-harap nomor kuponnya yang dipanggil. Barangkali hadiah door prize yang pemicu semangat untuk ikut jalan sehat (bukan untuk sehatnya).

Jam 11.30, undian terakhir diumumkan….. peserta pulang.

Pulangnya jalan kaki juga, lewat Monas. Lapar juga, beli makan di Warteg Jaksa Indah. Kelar makan, ngantuk, eh…ketiduran. Bangun jam 3 sore, siap-siap kebaktian sore. Thanks God.

Demikian seKILAT info Jalan Sehat Depdagri.

Tidak ada komentar: