Rabu, 26 September 2007

Telinga Hidung

Nah... satu hari ini, aku urusan dengan indra pendengaran. Semingguan ini rasanya telingaku tidak stereo, sebelah kanan rada mendengung. Kiri kanan tidak seimbang. Awalnya, kemasukan air waktu mandi. Berusaha dikeluarkan dengan teknik pancingan memasukkan air ke telinga, dan mengeluarkannya secepat mungkin. Biasanya akan terdengar bunyi khas dan air yang keluar terasa hangat.
Nah... air sudah keluar, tetapi telinga sebelah kanan mendengung dan sepertinya aku merasa pendengaran kiri dan kanan tidak sama (ndak stereo gitulah....) Mana hidung sumbat terus, pasti ada hubungan sebab akibatnya. Kadang terpikir, apakah sinusitis nongkrong di hidungku. Setiap malam sumbat sebelah, ke mana arah kepala miring, sumbat di hidung menyesuaikan.... wah..repot bangat.
Sebenarnya keadaan ini udah lama, kadang kambuh, telinga gak stereo, tapi sumbat di hidung ndak sembuh-sembuh (apa ya obatnya.....). Pernah juga periksa di Manado, malah 4 kali, tapi gak ada perubahan.
Nah.. tadi aku sempatkan ke RSCM, sudah semingguan pengen periksa, tapi harus urus askes dulu ke Askes Pusat dan minta rujukan dari dokter Puskesmas Cikini (askesku masih askes manado, ternyata pindah lokasi kerja, harus pindah juga status askesnya, padahal 1 management, yah...diuruslah, ndak lama sih). Trus, ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, jadinya baru bisa hari ini.
Pelayanan askes ckp bgs, daftar lebih murah. Tetapi antri juga, mana dokternya sempat kosong, ndak tau pada main ke mana. Aku nunggu hampir 2 jam, baru dapat panggilan.
Pertama hidung dicek. Trus telinga kanan dan kiri. Selanjutnya aku ditanyain dan aku berusaha menjelaskan sedetail mungkin, supaya lebih jelas dokternya mendiagnosa.
Kemudian, pindah ruangan, dan diperiksa ulang telinga kiri. Katanya gendang telinga agak masuk, tertarik ke arah dalam, ada kotoran yang menempel dan sudah mengeras, samapi kedengaran bunyi "rik...rik..rikkk, sempat deg deg-an juga dengarnya. (koq bisa ya... padahal setiap hari aku bersihkan, apakah karena gendang telinga tertarik? atau ada sebab lain. Thanks ya dokter, akhirnya dibersihkan. Terasa bunyi derik-derik ketika dibersihkan, mungkin sudah mengeras dan melekat kuat pada orgad2 dalam telinga. Dokterlah yang tau. Kemudian diberi resep
Nah...ambil obat yang askes di lantai II, antri lagi, lebih dari setengah jam, baru dapat obat, hanya 1 jenis, antibiotik. Yang dua macam lagi harus beli seperti biasa di apotek lantai 1. Turun lagi, daftar dan antri. Harus sabar dan belajar sabaaaaarrrrr. Akhirnya jam 2 siang, obat sudah siap tapi harus bayar.....yar....yar...... mudah2an cepat sembuh.
dari RSCM mampir ke gedung Menza, Kuningan, ambil voucer foto (menang undian Readers Digest). balik kantor, tiba 15.15. Sempatin nulis di blog ini, biar gak lupa cek ulang minggu depan.
nah....begitulah kegiatanku hari ini.

Tidak ada komentar: